“Cakrawala Baru IPAL Komunal  – menuju sarana yang berkualitas dan berkelanjutan-”

“Cakrawala Baru IPAL Komunal – menuju sarana yang berkualitas dan berkelanjutan-”

Seminar Internasional Indonesia dan Jepang

 16-17 Januari 2018, Hotel Santika Premiere Jogja

 

Tidak seimbangnya perkembangan ekonomi yang pesat, dengan kondisi sanitasi dan pencemaran air di Indonesia masih dalam kondisi yang memprihatinkan. Untuk menanggulangi dan memperbaiki masalah sanitasi dan pencemaran air, karena IPAL tersentralisasi berskala besar membutuhkan investasi sangat besar, sedangkan septik tank tidak sesuai untuk daerah perkotaan yang padat, maka sanitasi berbasis masyarakat terutama IPAL komunal diharapkan memegang peranan sangat penting sebagai solusi realistis dan praktis.

Tetapi teknologi yang diterapkan di Indonesia untuk IPAL komunal selama ini hampir semuanya proses anaerobik saja dan proses tersebut dianggap sebagai satu-satunya pilihan. Sebetulnya ada berbagai pilihan yang lain dan masing-masing mempunyai nilai plus dan minus. Proses anaerobik mempunyai kelebihan karena tidak membutuhkan listrik dan mudah dioperasikan. Tetapi ada kekurangannya juga karena pada umumya kualitas efluen (air olahan) yang kurang memadai dan membutuhkan lahan yang luas. Sedangkan proses aerobik mempunyai kelebihan pada kualitas efluennya yang bagus pada umumnya dan jika didesain dengan baik, bisa hemat lahan, tetapi kekurangannya adalah pada penggunaan listrik.

Pada tahun 2016, sudah diterbitkan peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang baku mutu air limbah domestik. Peraturan baru ini jauh lebih ketat dari pada baku mutu sebelumnya. Dengan perubahan baku mutu ini, ternyata kebutuhan proses aerobik menjadi lebih tinggi.

Dalam seminar internasional Indonesia dan Jepang “Cakrawala Baru IPAL Komunal – menuju sarana berkualitas dan berkelanjutan –“ akan dibahas kondisi dan tren terbaru terkait pembangunan sarana sanitasi termasuk kebijakan nasional, kemudian opsi teknologi yang cukup bervariasi yang sudah dan sedang dikembangkan. Sesudah itu akan didiskusikan arah dan tindakan untuk sanitasi yang lebih baik di masa depan.