Bantuan RBC Gratis dari PUSTEKLIM untuk Pembangunan IPAL Komunal di Seluruh Indonesia

Bantuan RBC Gratis dari PUSTEKLIM untuk Pembangunan IPAL Komunal di Seluruh Indonesia

Untuk mencapai target Universal Akses 2019, selain tangki septik, IPAL terpusat dan IPAL kawasan, sangat diharapkan IPAL komunal  memenuhi porsi yang signifikan. Optimalisasi teknologi menjadi landasan penting untuk menyebarluaskan IPAL komunal yang baik dan berkelanjutan.

 

Dengan mengombinasikan proses anaerobik dan proses aerobik, dan juga memakai RBC Lattice Tiga Dimensi untuk bagian aerobik, PUSTEKLIM telah mengembangkan sistem IPAL Komunal yang hemat lahan, kualitas efluennya bagus dengan pemakaian listrik minim.

 

Pada tahun 2017, 2018 dan 2019 PUSTEKLIM melaksanakan proyek dengan judul 

"EXTENSIVE DIFFUSION OF ENHANCED PARTICIPATORY COMMUNAL WASTE WATER TREATMENT SYSTEM IN INDONESIA"

 (Penyebarluasan IPAL Komunal Berbasis Masyarakat yang Ditingkatkan Secara Intensif di Indonesia)

adapun tujuan dari proyek ini adalah sebagai berikut

 

"Model systems for participatory communal waste water treatment system which is appropriate to local conditions and able to attain high treated water quality are constructed and operated in urbanized areas properly and effectively, then the system becomes one of ordinary  technological choices for communal waste water treatment. Thus, contribute to improve urban sanitary conditions and  to prevent environmental pollution"

 

"Mewujudkan sistem percontohan (model sistem) IPAL Komunal yang parstisipatif dan tepat guna, yang sesuai dengan kondisi masyarakat setempat dan mampu mengolah air limbah menjadi air buangan yang memenuhi kualitas tertentu (baku mutu yang ditetapkan pemerintah) serta dapat beroperasi dengan kondisi dan kinerja yang baik di daerah perkotaan yang padat"

 

Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, maka PUSTEKLIM mengadakan berbagai kegiatan sebagai berikut :

Menperkenalkan sistem

  1. Melakukan perkenalan/penjelasan tentang IPAL Komunal yang ditingkatkan  pada berbagai kesempatan termasuk program pelatihan fasilitator SANIMAS, seminar berkaitan IPAL komunal dan pertemuan khusus.

  2. Membantu pemerintah daerah, fasilitator dan masyarakat untuk menentukan lokasi pembangunan IPAL Komunal yang ditingkatkan 

  3. Melakukan pelatihan terstruktur untuk peosedur desain terutama IPAL Komunal yang ditingkatkan kepada fasilitator, konsultan daerah dan pejabat SKPD kota/kabupaten

  4. Melakukan konsultasi atau technical support untuk perencanaan desain dan pembangunan IPAL komunal yang ditingkatkan

  5. Membantu pemda/fasilitator untuk melakukan koordinasi dengan masyarakat untuk  membangun participatory system

  6. Membantu pelaksanaan monitoring IPAL Komunal yang ditingkatkan dari segi teknis maupun non-teknis

  7. Menerbitkan Buletin Proyek 6 kali dengan 700 eksemplar masing-masing untuk sharing info dan lesson learned dari pengalaman IPAL Komunal yang ditingkatkan

  8. Menyelenggarakan seminar IPAL Komunal 2 kali dengan jumlah peserta lebih dari 200 orang untuk mengembangkan network para stake holdernya.

 

 Selain itu PUSTEKLIM Akan membagikan 15 Unit mesin RBC Lattice 3 Dimensi yang terkenal paling effisien, dan telah mendapat pengakuan di berbagai negara, termasuk Jepang dan daratan Tiongkok. Mesin ini sangat mumpuni dalam mengolah beban organik loading yang ada dengan kapasitas 12 kg BOD/hari. 

 

KARAKTER IPAL PUSTEKLIM YANG PALING MENONJOL :

  1. HEMAT ENERGI

  2. HEMAT LAHAN

  3. HEMAT BIAYA PEMBANGUNAN DAN OPERASIONL

  4. MUDAH MAINTENANCE

  5. TIDAK MENIMBULKAN BAU

Hal tersebut dimungkinkan oleh adanya komponen IPAL berupa RBC Lattice - 3 Dimensi seperti gambar di atas

 

 Adapun daerah yang menjadi target proyek ini seperti ditampilkan dalam peta berikut ini

 

Untuk Informasi lebih jelas, silahkan berkontak dengan PUSTEKLIM pada alamat : Jl. Kaliurang Km.7 Jurugsari IV No. 19 Yogyakarta (0274) 885 247/885 423