Teknologi Tepat Guna PUSTEKLIM

Teknologi Tepat Guna PUSTEKLIM

Pengembangan Teknologi tepat Guna (TTG) yang dilakukan Pusteklim selama ini meliputi teknologi pengolahan air limbah dan juga pengolahan padatan yang terlarut maupun tersuspensi dalam air limbah tersebut yang telah diendapkan. 

Untuk mengolah air limbah-nya sendiri Pusteklim memiliki teknologi IPAL Pusteklim, yaitu kombinasi pengolahan air limbah secara aerobik dan anaerobik.

 

 

Teknologi ini telah diterapkan secara luas di Indonesia dalam mengolah limbah domestik maupun industri.

Adapun untuk komponen - komponen dari sistem IPAL Pusteklim tersebut, Pusteklim sendiri telah mengadopsi dan mengembangkan komponen IPAL yang telah teruji dan digunakan di banyak negara maju untuk pengolahan secara aerobik yaitu Rotating Biological Contactor (RBC).

 

Selain RBC, Pusteklim juga mengembangkan media Anaerobik/aerobik untuk pengolahan menggunakan sistem Kontak Aerasi atau dengan Aerobik/Anaerobik filter.

 

Media Aerobik/anaerobik YDD 01

 

Untuk mengolah endapan limbah atau limbah infectius padat, dapat menggunakan incinerator yang juga dikembangkan oleh Pusteklim. Incinerator ini sudah banyak dipakai di rumah sakit - rumah sakit di seluruh Indonesia, alat ini memiliki keuntungan dari segi mobilitasnya, karena mudah diangkut dan dipasang di tempat  tempat terpencil, selain itu efisiensi incinerator ini juga tinggi, tanpa memerlukan bahan bakar khusus (hanya mengandalkan biomass) dapat mencapai suhu pembakaran yang tinggi, menjadikan alat ini sangat cocok untuk diterapkan terutama di rumah sakit yang terletak jauh dari pusat kota atau fasilitas pengolahan limbah infectius yang besar.